5 Hal Ini Wajib Dibahas Blak-blakan Sebelum Tunangan

5 Hal Ini Wajib Dibahas Blak-blakn Sebelum TunanganTunangan merupakan acara tukan cincin sekaligus pertemuan keluarga yang digelar beberapa waktu sebelum hari pernikahan. Acara ini merupakan titik awal suatu pasangan untuk saling berkomitmen ke jenjang yang lebih serius.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan bertunangan, masing-masing pasangan harus sudah saling percaya satu sama lain. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu dibahas suatu pasangan sebelum mereka bertunangan.

Jika kamu termasuk pasangan yang akan bertunangan tahun ini, pastikan kamu telah mendiskusikan hal ini bersama pasanganmu.

1.Gak perlu ragu untuk berdiskusi soal keuangan

5 Hal Ini Wajib Dibahas Blak-blakn Sebelum Tunangan

Banyak pasangan yang masih enggan untuk mendiskusikan masalah keuangan sebelum menikah. Mereka berpikir masalah keuangan hanya akan memperkeruh suatu hubungan.

Padahal bahasan soal keuangan bukan semata-mata membandingkan gaji masing-masing. Kamu juga perlu mengetahui berapa tabungan masing-masing. Apakah kamu memiliki cicilan atau hutang dan bagaimana kebiasaan kamu dalam mengontrol pengeluaran selama ini.

Baca Juga :Misteri Tubuh Manusia, Kenapa Kita Tertawa Saat Geli?

Hal ini tentu saja berguna pada saat kamu melakukan perencanaan pernikahan dan memutuskan untuk membeli rumah atau kebutuhan-kebutuhan lainnya yang memerlukan biaya besar. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui masalah keuangan masing-masing dan mencari solusinya.

5 Hal Ini Wajib Dibahas Blak-blakn Sebelum Tunangan

2. Masalah anak juga penting untuk dibahas lho

5 Hal Ini Wajib Dibahas Blak-blakn Sebelum Tunanganv

Selain keuangan, masalah anak juga penting untuk dibicarakan. Bukan hanya sekadar berapa anak yang akan kamu punya nanti, namun bagaimana cara kamu merawat anak tersebut.

Kamu juga perlu memikirkan jalan apa yang kamu pilih saat melahirkan, apakah kamu sudah menyiapkan dana pendidikan untuk anak, dan siapa yang akan mengasuh anak nantinya, terutama bagi pasangan yang sama-sama bekerja.

3. Diskusikan juga bagaimana cara kamu menyelesaikan pertengkaran

5 Hal Ini Wajib Dibahas Blak-blakn Sebelum Tunangan

Ketidaksepakatan tentu saja menjadi hal wajar dalam hubungan rumah tangga. Namun, hal yang paling penting adalah bagaimana cara kamu menyelesaikan suatu perdebatan nantinya. Dalam kondisi emosi, seseorang bisa saja lupa bagaimana berkomunikasi secara efektif dan berpikir secara emosional.

Baca Juga :Hal Yang Membuat Dia Belum Juga Nyatakan Cinta, Pahami Biar Kamu Tak Resah

Jadi kamu juga perlu belajar bagaimana berdebat secara efektif. Belajar bagaimana cara bereaksi tanpa perlu melakukan kekerasan. Belajar menerima kritik dan gak melemparkan kalimat negatif dalam keadaan emosi. Semua hal ini bisa dipelajari jika suatu pasangan saling memahami kepribadian satu sama lain.

5 Hal Ini Wajib Dibahas Blak-blakn Sebelum Tunangan

4. Jika sama-sama ingin mengejar karier impian, kamu juga perlu mendiskusikannya

5 Hal Ini Wajib Dibahas Blak-blakn Sebelum Tunangan

Kamu juga perlu mendiskusikan soal karier dengan pasangan sebelum bertunangan. Beberapa orang mengatakan bahwa pilihlah pekerjaan yang kamu suka agar tak merasa seperti sedang bekerja.

Namun, bagaimana jika pekerjaan yang kamu suka menuntut untuk berpindah-pindah tempat, memakan waktu lebih dari delapan jam atau harus selalu update kejadian-kejadian besar selama 24 jam?

Hal itu mungkin bukan jadi masalah besar jika status seseorang masih single, namun beda lagi ceritanya jika nanti telah berkeluarga. Oleh karena itu, kamu perlu memikirkan dimana kamu akan tinggal jika pekerjaanmu dan pasangan berada di kota yang berbeda.

Pikirkan juga bagaimana pengaruhnya jika salah satu dari kamu bekerja dari rumah atau mungkin tidak keduanya. Lalu bagaimana cara kamu membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga, terutama bagi kamu yang memutuskan untuk memiliki anak.

5. Bahasan soal seks gak boleh terlewat dari percakapan kamu

5 Hal Ini Wajib Dibahas Blak-blakn Sebelum Tunangan

Membicarakan soal seks dengan teman mungkin akan lebih mudah dibanding dengan pasangan. Topik ini memang terkadang membuat pasangan merasa canggung, khawatir dan sebagainya. Namun, kamu bisa mencobanya ketika berada di luar rumah atau sedang dalam perjalanan.

Sebelum membicarakan hal ini, kamu juga perlu memahami tubuhmu sendiri dan cara menggunakannya. Sehingga kamu bisa mengetahui bagian mana yang kamu kuasai.

Kemudian diskusikan pada pasanganmu tentang apa yang kamu butuhkan agar tetap merasa aman dan nyaman saat melakukannya. Sehingga kamu pun bisa menumbuhkan kepercayaan dan empati satu sama lain.

Itu tadi 5 hal ini wajib yang perlu kamu diskusikan dengan pasangan sebelum bertunangan. Gak perlu ragu membahas hal-hal tersebut, karena pada akhirnya saat berumah tangga nanti kamu akan membahasnya setiap hari.

Hal Yang Membuat Dia Belum Juga Nyatakan Cinta, Pahami Biar Kamu Tak Resah

Hal Yang Membuat Dia Belum Juga Nyatakan Cinta, Pahami Biar Kamu Tak ResahMenemukan tambatan hati yang cocok memang nggak mudah. Berusaha menyatukan perbedaan dan menemukan persamaan yang melekatkan.

Meski cinta seringkali datang tanpa diduga-duga, tapi kedatangan cinta sendiri pasti punya sebab. Entah karena hobi yang sama, sudut pandang yang sama dalam memandang suatu hal, perlakuannya terhadapmu yang kelewat baik atau merasa nyaman begitu saja saat sedang bersamanya dan membuat kamu lupa akan segala gundahmu.

Namun kadang, kamu perlu melewati lika liku perasaan yang ada. Ragu, tidak percaya diri atau berharap terlalu besar bisa jadi definisi perasaanmu kala itu. Sedang hangat-hangatnya bersama tapi ungkapan perasaan darinya belum juga muncul.

Segudang pertanyaan membuat kamu menduga-duga kemungkinan yang ada, resah pun diresapi. Jangan risau dulu ya, mungkin beberapa hal ini yang bikin dia belum juga nembak kamu.

1.Sebenarnya cowok juga butuk meyakinkan dirinya sendiri, apakah dia sudah siap berkomitmen atau belum

Hal Yang Membuat Dia Belum Juga Nyatakan Cinta, Pahami Biar Kamu Tak Resah

Bagi cowok, menentukan keputusan nggak hanya dari perasaan tapi juga dengan logika yang ada. Apalagi keputusan yang akan diambil nggak hanya berkaitan dengannya tapi juga dengan perasaanmu, menjalin sebuah hubungan juga butuh keyakinan dalam diri nggak hanya bermodal gombal tapi juga perlu ada kepastian.

Justru karena dia sayang dan nggak ingin keputusannya malah menyakitimu nanti, dia pun meyakinkan dirinya sendiri.

Baca Juga :Misteri Tubuh Manusia, Kenapa Sih Kaki Dan Tangan Bisa Kesemutan?

Apakah dia sudah siap berkomitmen, atau perasaan yang dia punya hanya akan berlangsung sesaat. Meski terlihat cuek, dia juga sering mempertanyakan pada diri sendiri tentang kesungguhan perasaannya. Ternyata kalau untuk urusan menyatakan cinta nggak bisa begitu saja diungkapkan. Dia juga butuh keyakinan dalam diri.

Hal Yang Membuat Dia Belum Juga Nyatakan Cinta, Pahami Biar Kamu Tak Resah

2. Dia masih mengamati respon kamu terhadapnya, sebagai upaya biar nggak ditolak

Respon yang kamu berikan kepadanya juga bisa jadi faktor penting untuk menentukan langkah apa yang selanjutnya diambil. Kalau menurutnya kamu nggak juga memberikan respon baik, bukan nggak mungkin kalau dia malah mundur perlahan.

Memang pada dasarnya laki-laki harus berjuang tapi kalau sudah berjuang untukmu dan responmu seakan nggak membalas perasaannya, gimana dia mau menyatakan?

Atau kalau kamu memang tipe cewek yang friendly dan perlakuanmu untuk dia maupun teman-teman cowokmu yang lain terlihat sama, nggak heran kalau dia masih bertanya-tanya perihal sikapmu itu.

Baca Juga :Isi Kesendirianmu Dengan Hal Ini Demi Masa Jomblo Yang Berkualitas

Maka dari iu, kamu juga perlu sedikit inisiatif menunjukan perasaanmu juga kalau kamu punya rasa yang sama. Kasih sinyal buat dia, misalnya dengan ngajak jalan duluan.

3. Kalau kamu nggak cuma dekat dengan satu cowok saja, nggak heran kalau dia memantau saingannya

Namanya juga single, wajar sih ya dekat dengan cowok lain sana sini. Tapi siapa sangka, ternyata kedekatanmu dengan cowok lain membuat dia harus menunda keputusannya untuk menyatakan perasaan. Diam-diam juga mengamati siapa saja saingannya dan membandingkan dirinya dengan saingannya.

Kalau dirasa saingannya itu lebih dulu dekat denganmu atau bahkan lebih baik dari dia, nggak heran deh kalau dia perlahan mundur. Kalau kamu benar-benar hanya ingin bersamanya, cobalah yakinkan dia dengan caramu. Bukankah dua orang yang ingin bersama juga perlu bekerja sama.

Hal Yang Membuat Dia Belum Juga Nyatakan Cinta, Pahami Biar Kamu Tak Resah

4. Atau malah sikapmu sendiri yang membuatnya ragu untuk memilihmu

Hal Yang Membuat Dia Belum Juga Nyatakan Cinta, Pahami Biar Kamu Tak Resah

Kalau cowok itu memang naksir kamu, dia juga akan memberikan penilaian pada sikap-sikapmu. Penilaian disini bukan berarti dia merasa keren, tapi penilaian untuk mencari kecocokan dan rasa nyaman antara kamu dan dia. Kalau dia membuatmu menunggu dengan status hubungan yang belum jelas, ada baiknya kamu sambil berkaca diri.

Baca Juga :Gejala Fisik Ini Menandakan Adanya Gangguan Kecemasan

Mungkin ada beberapa sikapmu yang membuat dia ragu untuk menjalin hubungan bersamamu, kan nggak semua hal harus cocok sama kamu. Nikmatin aja masa-masa pendekatannya. Tanpa harus kamu terlihat sempurna, nanti dia juga akan memilihmu kalau memang dirasa cocok apapun kekuranganmu.

5. Kamu terlalu asyik diajak berteman, dia hanya takut rasa itu nggak lagi sama kalau sudah jadi pacar

Hal Yang Membuat Dia Belum Juga Nyatakan Cinta, Pahami Biar Kamu Tak Resah

Nggak ada yang salah dari sikapmu yang kelewat asyik. Saking nyamannya dia bersamamu, tanpa sadar membuat dia diam-diam takut kehilangan moment pendekatan yang asyik ini saat hubungan sudah naik tingkat ke status pacaran.

Dia tau nantinya akan ada banyak perseteruan yang terjadi dan membuat semua yang menyenangkan sekarang nggak sama lagi. Padahal perubahan wajar terjadi, hanya saja dia yang belum siap menerima perubahan itu.

Tipe coeok kayak gini memang sering banyak ragu dan takut pada hal-hal yang belum terjadi, dia takut nggak bisa berteman setelah putus, padahal jadian juga belum. Kalau kamu sedang berhadapan dengan cowok seperti ini, yang harus kamu lakukan adalah tetap berteman baik dengannya seperti yang dia mau dan menikmati kebersamaan yang ada. Biarlah sifat asyik yang kamu punya jatuh pada orang yang tepat.

Hal Yang Membuat Dia Belum Juga Nyatakan Cinta, Pahami Biar Kamu Tak Resah

6. Bisa jadi dia tidak ingin sekedar pacaran, jadi dirinya sedang mempersiapkan diri agar pantas mengajakmu langsung ke pelaminan

Hal Yang Membuat Dia Belum Juga Nyatakan Cinta, Pahami Biar Kamu Tak Resah

Ada hal-hal yang belum selesai pada dirinya dan membuat dia jadi malah pacaran. Bukan nggak mau nembak kamu saat ini, dan kemudian menjalin hubungan penuh drama yang membuat beban pikirannya bertambah, hanya saja dia punya tujuan sendiri. Harus membawa hubungan ini ke aran mana.

Saat dirasa menemukanmu yang sudah pas dihati, dia tetap menjagamu dalam porsi semestinya dan membiarkanmu berkembang tanpa membuatmu merasa terikat sambil dia mempersiapkan diri. Menjaga hubungan seperti ini hanya butuh kesabarn dan keyakinan, karena kamu bisa goyah kapan saja dan berpaling. Bagaimanapun manusia hanya bisa berencana, Tuhan yang menentukan.

Isi Kesendirianmu Dengan Hal Ini Demi Masa Jomblo Yang Berkualitas

Isi Kesendirianmu Dengan Hal Ini Demi Masa Jomblo Yang BerkualitasTidak ada satu pun orang yang ingin hidup sendiri tanpa kekasaih. Namun percayalah, Tuhan pasti akan memberikan pasangan pada saat yang tepat.

Dimana kamu dan dia telah sama-sama mantap menjalani bahtera rumah tangga. Jadi bagi yang masih sendiri tenanglah dan jangan sedih.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan di saat kamu belum memiliki pasangan. Selain dapat mengisi waktu luang, kamu juga akan dapat mengembangkan diri untuk pasanganmu kelak. Ingat, yang baik pasti dipasangkan dengan yang baik.

Maka dari itu jangan galau terus guys. Mari isi waktu dengan hal-hal yang dapat membuat dirimu jadi versi terbaik bagi pasanganmu kelak. Berikut 5 hal yang bisa kamu lakukan guys!

Isi Kesendirianmu Dengan Hal Ini Demi Masa Jomblo Yang Berkualitas

1.Perbanyak belajar, dimulai dengan membaca buku, agar wawasan menjadi luas.

Sebelum nanti bertemu dengan pasangan yang memang kamu dambakan, ada baiknya di saat kesendirianmu ini diisi dengan belajar. Belajar bisa dimulai dengan membaca buku. Minimal kamu habiskan waktu 1 jam dalam sehari untuk membaca buku.

Baca Juga :Gejala Fisik Ini Menandakan Adanya Gangguan Kecemasan

Baiknya baca buku yang memang bagus untuk memperluas wawasan kamu. Agar kelak pasanganmu bangga melihatmu memiliki pengetahuan yang luas dan tau banyak hal. Sebaiknya hindari buku yang membuatmu galau apalagi membuatmu berkhayal sendiri dikamar.

Pilihlah buku motivasi, buku sejarah atau buku yang berhubungan dengan kepribadian baik, agar kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Isi Kesendirianmu Dengan Hal Ini Demi Masa Jomblo Yang Berkualitas

2. Mengembangkan bakan yang ada pada dirimu

Setiap orang tentu memiliki bakat yang berbeda, tugas kamu adalah mencari dan mengembangkan bakat yang sudah ada. Bagi yang suka memasak, bisa terus mencoba masakan-masakan baru yang bisa kamu pelajari lewat buku resep atau video masakan di Youtube.

Bagi yang suka bermusik bisa terus berlatih setiap harinya. Siapa tahu bisa rekaman di studio musik kelak. Bagi yang suka menulis bisa kembangkan bakatmu lewat latihan menulis. Dan untuk kamu yang suka berjudi kamu bisa mencoba bermain judi di poker99.

Selain bisa mengembangkan bakat, tulisan kamu juga bisa dibaca banyak orang. Nah seru kan? Makanya, sendiri itu tetap bisa menyenangkan dan menghasilkan karya terbaikmu. Bisa dicoba dari sekarang.

3. Berkumpul bersama keluarga tercinta, menghabiskan waktu bersama mereka

Isi Kesendirianmu Dengan Hal Ini Demi Masa Jomblo Yang Berkualitas

Saat kamu belum memiliki kekasih jangan pernah merasa kesepian, karena kamu harus ingat bahwa kamu masih memiliki keluarga yang amat mencintaimu dengan tulus. Maka isilah waktu sendirimu untuk membahagiakan mereka, untuk memaksimalkan kebersamaan bersama.

Belum tentu ada waktu bersama mereka terulang kembali. Terutama pada ayah dan ibumu, bahagiakan mereka danterus minta didoakan yang terbaik. Kelak kamu akan dapat pasangan terbaik, jika kamu sudah berbuat baik pada orang tuamu. Karena restu Tuhan tergantung restu orang tuamu kan?

Isi Kesendirianmu Dengan Hal Ini Demi Masa Jomblo Yang Berkualitas

4. Berkumpul bersama teman-teman tercinta

Selain berkumpul dengan keluarga, kamu juga bisa manfaatkan waktu sendirimu untuk berkumpul bersama teman-teman tercinta. Pergilah beberapa jam ke tempat yang menyegarkan bersama mereka.

Baca Juga :Mengapa Saat Kepedasan Hidung Berair?

Habiskan waktu dengan ceria. Berbagi tawa dan cerita. Itu akan membuatmu tidak sedih ketika masih sendiri dan belum menemukan pasangan. Dengan berkumpul bersama teman kamu bisa merasakan aura positif.

5. Perbanyak doa kepada Tuhan

Nah, ini poin paling penting dan harus dilakukan kapanpun dan dimanapun. Yaitu mengingat Tuhan dengan cara berdoa. Niscaya Tuhan selalu mendengarkan dan mengabulkan doa kamu, pada waktu yang memang tepat menurutNYA.

Jadi jangan khawatir guys. Selama kamu berdoa dan berusaha, percayalah semua yang kamu minta akan ada waktunya dikabulkan.

Untukmu yang masih sendiri, tenang ada saatnya Tuhan kirimkan seseorang yang memangterbaik untukmu di saat yang sudah tepat. Jangan lupa berdoa selalu, ya. Saat kamu masih sendiri atau nanti setelah kamu menemukan dia yang kamu cari, tetap harus selalu berdoa, Semangat!

Gejala Fisik Ini Menandakan Adanya Gangguan Kecemasan

Gejala Fisik Ini Menandakan Adanya Gangguan Kecemasan. Di era milenial ini. Gangguan kesehatan mental menjadi “tren” yang mengkhawatirkan. Semakin hari, semakin banyak orang, terutama generasi muda yang tanpa disadari telah mengidap ketidak normalan psikologis.

Faktor penyebabnya pun beragam, seperti genetik, trauma, lingkungan, penggunaan obat-obatan dan lain-lain.

Sayangnya. saat berbicara soal gangguan kesehatan mental, orang cenderung fokus pada perubahan dan efek yang terjadi pada mental dan emosi pada penderita saja.

Padahal gangguan kesehatan mental juga bisa diamati dari berbagai gejalan fisik seperti pada penderita gangguana kecemasan berikut ini:

1.Merasa lelah tak berkesudahan

Gejala Fisik Ini Menandakan Adanya Gangguan Kecemasan

Merasa lelah tak berkesudahan adalah gejala fisik paling umum dari gangguan kecemasan. Hormon stres akan meningkat, sehingga kerap membuatmu jadi lebih sering terjaga dan terlalu waspada. Akhirnya tenagapun terkuras.

2. Gangguan tidur: susah tidur, tidur terus menerus, gelisah di malam hari, atau bangun dalam keadaan lelah

Hubungan antara kecemasan dan tidur sangatlah kompleks. Saat kamu merasa cemas berlebih secara konstan, kamu bisa jadi merasa susah untuk tidur atau bahkan tidur terus menerus. Hal ini dipengaruhi oleh hormon kortisol dan adrenalin serta pikiran yang tidak berhenti mengisi benakmu.

Gejala Fisik Ini Menandakan Adanya Gangguan Kecemasan

3. Detak jantung berakselerasi

Gejala klasik lainnya yang dapat diamati dari gangguan mental ini adalah detak jantung yang meningkat. Dalam keadaaan penuh tekanan, kelenjar adrenal akan melepaskan hormon adrenalin dan kortisol. Reseptor di jantung pun bereaksi dengan cara meningkatkan detak jantung

Baca Juga :Mengapa Saat Kepedasan Hidung Berair?

Darah pun dialirkan lebih banyak ke otot besar sehingga kamu bisa lebih mawas terhadap ancaman. Namun, pada kasus kecemasan, detak jantung yang berakselerasi hanya membuatmu jadi gugup dalam lingkaran setan yang terus berputar.

4. Telapak tangan selalu basah karena keringat

Gejala Fisik Ini Menandakan Adanya Gangguan Kecemasan

Begitu saraf simpatikmu aktif, kelenjar keringat di seluruh tubuhmu juga akan terkena imbasnya. Baik kelenjar ekrin maupun apokrin sama-sama memproduksi lebih banyak keringat.

Bedanya, kelenjar ekrin seperti pada telapak tangan memproduksi keringat yang berbasis air dan tidak berbau. Sementara kelenjar apokrin seperti pada ketiak dan area genital memproduksi keringat yang berbasis lemak dan cenderung berbau.

Gejala Fisik Ini Menandakan Adanya Gangguan Kecemasan

5. Mudah terkejut dan gemetar

Saat merasa cemas, kamu akan jadi lebih antisipatif terhadap hal-hal yang akan terjadi. Sehingga membuatmu terlalu waspada dan jadi mudah terkejut.

Bahkan ketika kamu bermain pokerdewa dan seseorang tiba-tiba menepuk bahumu dari belakan, bukan tidak mungkin kamu akan terlonjak. Selain itu, tubuhmu juga menjadi lebih sering gemetar lantaran efek dari lonjakan hormon.

Gejala Fisik Ini Menandakan Adanya Gangguan Kecemasan

6. Susah menelan

Menurut US National Library of Medicine, gangguan kecemasan juga mengakibatkan beberapa orang merasa lebih susah untuk menelan seolah-olah ada yang mengganjal di dalam kerongkongan.

Kondisi ini disebut sebagai globus sensation. Namun, hingga kini, masih belum ditemukan secara pasti mengapa kecemasan yang berlebihan bisa memberikan dampak ini.

7. Perut kerap bermasalah

Ada hubungan yang spesial antara usus halus dan otak yang kemudian disebut sebagai “the brain-gut axis”, alias sumbu usus otak. Bahkan, saraf tubuh yang terbesar kedua berikut sebanyak 60% sistem imun tubuh ada di sistem pencernaan.

Baca Juga : Lawan Masalah Plastik. Ahli Kembangkan Bioplastik Lebah

Karena itu, saat kamu mengalami gangguan kecemasan, biasanya akan diikuti dengan keluhan di perut seperti sakit perut biasa, konstipasi, diare dan lain sebagainya.

8. Mudah terserang flu dan penyakit lain

Saat berada dalam fase stres yang biasa karena kerjaan atau studi misalnya, kamu jadi lebih mudah terserang penyakit kan? Hal ini juga semakin berlaku ketika kamu mengalami gangguan kecemasan yang terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama.

Sistem kekebalan tubuh akan menurun dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sehingga kamu pun akan semakin rentan terkena penyakit, termasuk yang sesederhana flu.

Di Indonesia, gangguan kecemasan dan mental secara general masih belum mendapatkan banyak atensi. Selain itu, konsultasi dengan psikolog maupun psikiater juga masih dianggap hal yang cukup tabu.

Padahal kondisi mental yang tidak sehat dan dibiarkan berlangsung dalam waktu yang cukup lama memiliki resiko yang tidak lebih sedikit dibandingkan gangguan kesehatan secara fisik.

Maka dari itu, bila kamu atau orang terdekatmu mengalami situasi ini, jangan malu dan ragu untuk mencari pertolongan. Setiap orang memiliki batas kemampuan masing-masing.

Untuk itulah, masing-masing individu juga memiliki kelebihan lain yang dapat digunakan untuk membantu manusia lainnya.