Ilmuwan Akan Menggunakan Laser Untuk Memandu Alien ke Bumi

Ilmuwan Akan Menggunakan Laser Untuk Memandu Alien ke Bumi – Sebuah makalah baru yang diterbitkan pada 5 November 2018 dalam The Astrophysical Journal, memaparkan bahwa manusia mampu membangun laser inframerah yang lumayan panas dan terang untuk memancing alien datang ke bumi.

Teknologi ini harus berukuran cukup besar, tetapi masih nalar. Desain yang diusulkan oleh para peneliti akan membutuhkan 1 sampai 2 megawatt laser dan paling tidak cermin utama berdiameter 100 kaki (30 meter).

ILMUWAN AKAN MENGGUNAKAN LASER UNTUK MEMANDU ALIEN KE BUMI

Ilmuwan Akan Menggunakan Laser Untuk Memandu Alien ke Bumi

“Kendati demikian, kami belum tahu apakah alien akan segera mengenali laser tersebut sebagai sinyal dari kehidupan manusia di Bumi” ujar James Clark, seorang mahasiswa pascasarjana di Massachussetts Institute of Technology dan penulis dalam penelitian ini.

“Namun, itu pasti akan menarik perhatian mereka (alien)”, lanjutnya seperti dilansir dari Live Science, Jumat (9/11/2018)

Tantangan terbesar untuk membangun mercusuar laser alien adalah bahwa Bumi bukan satu-satunya planet yang “hidup sendirian” di antariksa. Bumi merupakan salah satu dari 8 planet yang mengorbit matahari, sedangkan cahaya matahari akan jauh lebih terang daripada laser buatan manusia.

Tantangan besar untuk membangun mercusuar laser alien adalah bahwa Bumi bukan satu-satunya planet yang “hidup sendirian” di antariksa. Bumi merupakan salah satu dari delapan planet yang mengorbit matahari, sedangkan cahaya matahari akan jauh lebih terang daripada laser buatan manusia.

Dari perspektif astronom alien yang berjarak ratusan tahun cahaya, keseluruhan peradaban manusia dan jenis inframerah apapun akan tenggelam oleh sumber cahaya putih yang sangat besar di ruang galaksi kita.

Kata Clark, pembuatan laser raksasa itu tidak ditujukan untuk memancarkan secerah sinar dalam kegelapan bagi alien, tapi bagaimana caranya agar matahari terlihat cukup aneh dari perspektif alien.