Tips Menginap di Hotel Berbintang Untuk Yang Belum Tau

Tips Menginap di Hotel Berbintang Untuk Yang Belum Tau

Tips Menginap di Hotel Berbintang Untuk Yang Belum Tau – Pelayanan di hotel berbintang agak berbeda dengan hotel-hotel non bintang. Agar tidak bingung dan kikuk, mari  kita simak beberapa tips ini sebelum menginap untuk pertama kalinya.

Selalu ada kali pertama dalam semua hal. Bisa jadi anda menginap di hotel berbintang untuk liburan, pekerjaan atau karena paksaan kondisi misalnya disaat mudik Lebaran.

Hotel berbintang mempunyai pelayanan dan beberapa persyaratan umum untuk para tamu. Dihimpun oleh KompasTravel, Senin (04/07/2017). Berikut ini beberapa tips untuk yang baru pertama kali menginap di hotel, antara lain:

  • Lakukan Reservasi Secara Online

Penting sekali bagi anda untuk melakukan reservasi, sedikitnya dua hari sebelum menginap. Ini karena hotel berbintang mempunyai banyak tipe kamar, sehingga anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Standar Room adalah kamar dengan fasilitas standar pada hotel tersebut. Satu tingkat diatasnya adalah Deluxe Room, kemudian ada beberapa tipe premium seperti Family Room, One Bedroom Suite dan Presidential Suite.

Selain menentukan tanggal dan lamanya menginap, pastikan anda mendapatkan tipe kamar yang diinginkan. Reservasi dapat dilakukan langsung dari situs hotel tersebut, atau melalui beberapa situs pemesanan hotel.

  • Waktu Check-In dan Check-Out

Mayoritas hotel di Indonesia, termasuk hotel berbintang, memiliki jam check-in dan check out yang sama. Tamu biasanya boleh check in pada pukul 14.00 dan check out pada pukul 12.00, keesokan harinya.

Meskipun begitu, terdapat beberapa hotel yang menerapkan kebijakan early check-in dan late check-out. Apabila anda tiba di kota tujuan lebih pagi, anda dapat meminta pihak hotel untuk early check in sebelum pukul 14.00 WIB. Sama halnya dengan late check-out. Biasanya tamu akan diberikan waktu tambahan sampai 1 jam untuk check out dari hotel. Akan tetapi tentu saja, anda harus mengkomunikasikannya terlebih dulu kepada pihak hotel.

  • Deposit

Saat check-in, anda akan diminta kartu kredit untuk deposit atau jaminan. Besarnya uang deposit biasanya sesuai dengan nominal harga selama anda menginap.

Apabila anda menginap dalam rangka tugas kantor, pada saat check out resepsionis akan meminta kembali kartu kredit anda untuk kemudian mengembalikan uangnya secara penuh.

Itulah beberapa tips untuk dapat menginap di hotel berbintang khususnya untuk para pemula.

 

BACA JUGA: Menginap di Hotel Menjelang Libur Lebaran, Waspadai Beberapa Benda Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*